Selasa, 20 November 2012

MENGECILKAN PERUT BUNCIT

Saat perjalanan dari Mataram ke Bandung via Bandara Ngurah Rai Internasional (15/10/2012) saya membaca The Magazine if Wings Air - Oktober 2012 terutama tentang tips bagaimana mengecilkan perut buncit secara alami. Tulisan itu sangat menggoda dan diperlukan untuk diinformasikan kepada semua masyarakat yang mempunyai permasalahan obesitas ataupun perut buncit.
Banyak kawan saya menyatakan bahwa sangat tidak nyaman memiliki berat badan berlebihan (termasuk perut buncit dan obesitas). Sebab, kata kawan-kawan, memiliki berat badan berlebih dapat berpengaruh pada masalah pernapasan, susah bergerak, aktivitas terganggu dan permasalahan lainnya. Memang sih, ada jiga kawan-kawan saya yang membela mati-matian bentuk tubuhnya yang berlebih seperti itu, tetapi hanya apologis semata (padahal dihati kecilnya mengatakan memiliki tubuh ideal sangat baik).

Ketika berada pada acara rapat kordinasi PKG di Carradin Hotel Jl Kebon Jati Bandung, saya bertemu dengan sahabat dari Madura yang bercerita tentang lika liku permasalahan obesitas dan perut buncit. Menurut cerita sahabat saya itu, perut buncit bisa diatasi dengan kesabaran dan beberapa tips yang mirip dengan tulisan yang saya baca di Magazine of Wings Air itu. Hanya bedanya, sahabat saya itu memberikan tips harus sabar dalam menjalani proses mengecilkan perut buncit.

Tersadari atau tidak, diakui ataupun tidak, perut buncit sangat mengganggu penampilan setiap orang dan menimbulkan rasa tidak percaya diri yang tinggi. Dalam mengecilkan perut yang buncit dapat dilakukan secara cepat dengan banyak metode menggunakan teknologi mutakhir, seperti dengan menyedot lemak, mengkonsumsi obat pembakar kalori, dan lainnya. Namun cara alamipun dapat dilakukan dengan kesabaran penuh, sebab cara alami memang prosesnya lebih lamban bila dibandingkan dengan metode teknologi mutakhir.

Ada beberapa tips pengecilan perut buncit secara alami yakni:
1. Berolah raga secara teratur
2. Kurangi konsumsi garam yang berlebihan
3.Makan secara perlahan
4. Konsumsi makanan berserat
5. Minum air putih 2 liter/hari
6. Berdoa dan terus berusaha

Berolah raga secara teratur dan tepat mampu membakar kalori dan lemak yang ada di dalam tubuh. Salah satu olah raga yang sangat mudah dan tidak memerlukan biaya besar adalah dengan berjalan kaki, maka penumpukan lemak di perut akan berkurang. Selain itu juga dapat juga melakukan sit up dengan tujuan untuk membentuk perut yang ideal.

Garam menurut ahli gizi akan menambah ekstra sodium terhadap cairan tubuh yang akan memperlambat mekanisme sehingga mendorong air keluar dari sel. Akibatnya perut terasa penuh dan menggelambung.

Makan secara cepat dapat menyebabkan udara tertahan dalam usus dan membentuk gas yang dapat mengakibatkan penggelembungan perut. Posisi makan dalam keadaan duduk disunahkan dan kunyahlankan makanan secara perlahan-lahan, sebab makan secara perlahan memungkinkan adanya bagian dari makanan yang tidak terkunyak secara cepat, dapat terkunyah secara sempurna ketika mengunyah makanan secara perlahan.

Asupan serat yang seimbang ke dalam tubuh berfungsi untuk membagi penyimpanan air yang menyebabkan pembuncitan perut dan konsumsilah serat dalam buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air, seperti buah apel, pier, melon, dan semangka.

Lalu, minum air putih yang banyak dapat menjamin fungsi empedu lebih efektif untuk mengeluarkan dan memproses sampah yang ada dalam perut. Dan tips yang menjadi alas dari kesemua tips di atas adalah berdoa, sabar dan terus berusaha. Yakinilah, apapun usaha yang dilakukan tanpa didasari atas nilai-nilai kesabaran dan do'a, maka kemungkinan gagalnya besar. Sebagai manusia yang beragama, berusaha atau berihktiar menjadi suatu keharusan untuk kesuksesan dan berdo'a menjadi pembersih usaha-usaha maksimal yang dilakukan agar mendapatkan ridha Ilahi Rabby. Amin. Wallahul muwaffiq ila Darissalam.

1

0 komentar: