Selasa, 19 November 2013

DUKUN POLITIK


Ini bukan persoalan, rasional atau tidak rasional, namun ini masalah yakin dan tidak yakin, ungkap Desembriar Rosyadi (guru spiritual politik). Bagi yang tidak yakin, tentu apa yang dikerjakan Desembriar Rosyadi dianggap tidak masuk akal dan irrasional. Kenyataannya, atas jasanya banyak yang sudah menjadi bupati, gubernur dan anggota DPR, dan bahkan presiden ungkap Desembriar.

Dunia spiritual memang dunia yang sulit ditebak, apalagi dikaitkan dengan klenik politik. Dunia ini memiliki proses, prosedur, tirakat dan laku yang sulit ditebak oleh akal sehat orang yang mengagungkan akal. Seorang rasionalis akan mengatakan bahwa dunia perdukunan merupakan dunia reka-reka untuk tidak mengatakan dunia permainan psikologis orang. Bagaimana mungkin seorang dukun politik mengklaim dirinyalah yang menjadikan seseorang bupati, gubernur, DPR dan bahkan presiden.

Tetapi itulah kenyataannya. Ini memang masalah keyakinan dan kalau tidak yakin, ya tidak usah datang kemari, kata Desembriar. Betul juga, hal ini memang masalah yakin dan tidak yakin. Nyatanya, di tahun politik ini semakin banyak saja orang yang mendatangi dukun politik. Entah, sekedar untuk minta dimandikan dengan air bunga setaman, meminta azimat, meminta cincin dan atau meminta ikat pinggang keberuntungan. Macam-macam saja permintaan orang untuk mencari keberuntungan politik.

Tirakat dukun politik hemat saya tidak usah didiskusikan atau diperdebatkan, biarkan saja mengalir sesuai dengan dunianya. Kalau mau dinilai maka nilailah dari perspektif dunia klenik pasti akan merasakan nadi kebenarannya. Kebenaran akan dapat ditemukan pada dunia yang berbeda. Maksudnya kebenaran ada pada banyak dunia yang berbeda-beda. Karena itu, dunia klenik memiliki kebenarannya sendiri yang sangat mungkin tidak benar dari pandangan dunia lain.


Karena itu, jika diteruskan perdebatan tentang dunia klenik dilihat dari dunia yang berbeda maka pasti akan memunculkan benih ketidak harmonisan atau bahkan konflik kebenaran pada banyak dunia yang berbeda. Yah, ini masalah yakin dan tidak yakin, maka dari itu menjauhlah dari dunia klenik politik kalau memang tidak yakin. Gitu saja kok repot.

Dan tidak usah terlalu berprasangka jelek terhadap dunia klenik biarkan saja berjalan sesuai dengan dunia perklenikan agar dunia klenik tidak terganggu. Mari kita berjalan sesuai dengan dunia kita masing-masing sehingga kita dapat hidup berdampingan dengan harmonis.

Lombok Garden Hotel, Mataram, 20112013.11.57

0 komentar: